Wednesday 6 April 2016

Analisis Jurnal ITIL (Information Technology Infrastructure Library)

Jurnal Lokal

ITSM (IT Service Management) merupakan sebuah kerangka kerja (framework)
untuk mengelola infrastruktur IT di suatu organisasi dan mengatur layanan terbaik bagi pengguna
layanan IT. Dalam implementasi ITSM, terdapat banyak standar framework yang populer, salah
satunya adalah IT Infrastructure Library (ITIL). ITIL merupakan panduan kumpulan praktik terbaik
(Best Practice) untuk penerapan ITSM, yang dapat memberikan suatu landasan kualitas yang baik dan jaminan kualitas dengan menggunakan pendekatan-pendekatan proses sistematis serta standar-standar prosedur layanan IT.

                IT Service Management (Bon, 2002) dapat dijelaskan sebagai sebuah metode untuk mengatur semua aspek sistem informasi dan teknologi dari sebuah organisasi, baik dari sisi infrastruktur maupun aktivitas yang terlibat, sebagai sebuah proses yang saling berhubungan yang bertujuan untuk menyediakan layanan kepada organisasi. Namun, IT Service Management bukan hanya terdiri dari elemen-elemen tersebut saja, tapi dilengkapi oleh suatu pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dari sebuah industri praktisi-praktisi professional yang merupakan sebagai metode untuk memenuhi kebutuhan dari elemen-elemen tersebut.

                Sistem aplikasi Service Desk yang dimiliki oleh PT. Matahari Putra Prima masih jauh dari
standarisasi ITSM, sehingga ada fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh sistem aplikasi tersebut yang
dapat membantu proses penanganan insiden dan proses control terhadap insiden dan kinerja para staff
522 ComTech Vol.2 No. 1 Juni 2011: 514-526 Service Desk PT. Matahari Putra Prima. Untuk perbaikan pada kendala ini penulis menyarankan untuk menggunakan software Service Desk yang berbasis ITSM. Tujuannya agar dapat terciptanya suatu standarisasi yang mengacu kepada standarisasi internasional, dan berguna bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas services IT. Sebagai contoh software ITSM yang direkomendasikan, maka penulis menggunakan simulasi aplikasi yang berbasis ITSM yaitu menggunakan Octopus versi 3.0.10.

Jurnal International

                The ITIL skills base has produced good management practices for IT departments that have contributed to improving the services provided by the computing entities to their clients.

Based on our experience in implementing these processes in industry, and our experience implementing enterprise resource planning (ERP) and project management, it has proved that there is a chance that these processes can bring added value, if applied to the enterprise value chain. Indeed, the definition of 'value chain' is; a set of functions dealing with input materials, transforming them into products or services to sell on to customers. Thus we were challenged to make analogies with the proposed ITIL phases.

This paper proposes an original approach by adopting the proposed ITIL methodology to manage enterprise value chain.

This approach should enable us to bring the power of ITIL methodology to improve the business enterprises.


Analisis

ITSM ( IT Service Management) merupakan sebuah kerangka kerja (framework), salah satunya adalah IT Infrastructure Library (ITIL). Dasar keterampilan ITIL telah menghasilkan praktik manajemen yang baik untuk departemen TI yang telah memberikan kontribusi untuk meningkatkan layanan yang diberikan oleh entitas komputasi untuk klien mereka. Makalah ini mengusulkan sebuah pendekatan asli dengan mengadopsi metodologi ITIL yang diusulkan untuk mengelola rantai nilai perusahaan .
Pendekatan ini harus memungkinkan kita untuk membawa kekuatan metodologi ITIL untuk meningkatkan bisnis perusahaan.



Sumber :




No comments:

Post a Comment