Monday 19 January 2015

SIKAP ILMIAH YANG HARUS DIMILIKI MAHASISWA



SIKAP ILMIAH YANG HARUS DIMILIKI MAHASISWA 

1.      Sikap ingin tahu : Rasa ingin tahu yang tinggi dapat membuat seseorang mahasiswa ingin mencari tahu sesuatu yang baru.
2.      Sistematis : Proses yang digunakan mahasiswa dalam memecahkan masalah menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.
3.      Sikap terbuka : Keterbukaan perlu diterapkan pada diri seorang mahasiswa, sebab dengan sikap yang terbuka kita dapat berfikir pandang yang luas.
4.      Sikap obyektif : Melihat sesuatu sebagaimana adanya obyek itu, dengan kata lain mereka dapat mengatakan secara jujur dan menjauhkan kepentingan dirinya sebagai subjek.
5.      Sikap ingin menemukan : Selalu memberikan saran-saran untuk eksperimen baru. Selalu memberikan konsultasi yang baru dari pengamatan yang dilakukannya.
6.      Sikap tekun : Tidak bosan mengadakan penyelidikan, bersedia mengulangi eksperimen yang hasilnya meragukan. Tidak akan berhenti melakukan kegiatan-kegiatan apabila belum selesai terhadap hal-hal  yang ingin ia ketahui maka harus berusaha bekerja dengan teliti.

No comments:

Post a Comment