ARTI PENTING
ORGANISASI & METODE
Organisasi
berfungsi sebagai prasarana atau alat untuk mencapai tujuan.
Istilah
Organisasi dapat diartikan sebagai:
WADAH :
Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
PROSES : Pengelompokan manusia dalam kerjasama
yang efesien.
METODE : Tata kerja / cara bagaimana
sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat digunakan sehingga proses kegiatan
manajemen bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Metode
ini diperlukan agar dalam pemanfaatan sumber yang diperlukan bagi terlaksananya
kegiatan manajemen tidak terjadi kemacetan dan pemborosan.
ORGANISASI DAN METODE :
Rangkaian
proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber
dan factor-faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen yaitu
mencapai tujuan apa yang telah ditetapkan
Dari Pemgertian diatas O & M mengandung maksud:
a)
Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat
pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
b)
Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
c)
Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber
dan waktu yang tersedia
d) Organisasi
dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara
manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa
organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan
(manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang
rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui
kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan
sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang
setepat-tepatnya.
Manajemen dan Organisasi
Manajemen
dan Organisasi adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan
satu dengan yang lainnya, karena dalam berdiri dan berjalannya sutau
organisasi, mereka haruslah memiliki manajemn yang baik, agar setiap
anggota yang ada dalam suatu organisasi itu memiliki 1 tujuan yang sama yang
ingin dicapai.
Manajemen dan Tata kerja
Manajemen
dan Tata kerja sama halnya seperti manajemen dan organisasi
keduanya saling berkaitan erat satu sama lain. Dalam melakukan suatu
manajemen yang baik, tata kerja haruslah sangat diperhatikan karena
apabila masing-masing anggota tidak dapat melaksanakan pekerjaan sesuai yang
telah ditetapkan maka dapat menimbulkan masalah dalam menajemen itu
sendiri.
Manajemen,
Organisasi, dan Tata kerja
Manajemen, Organisasi,
dan Tata kerja sebenarnya
masing-masing dari mereka mempunyai fungsi yang sangat baik yaitu dengan adanya
ketiga unsur tersebut waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih
efektif untuk pencapaian tujuan.
http://fansbuku.blogspot.co.id/2012/02/pengantar-organisasi-dan-metode.html
Widyatmini, Pengantar Organisasi dan Metode, Gunadarma, Jakarta, 1995.
Widyatmini, Pengantar Organisasi dan Metode, Gunadarma, Jakarta, 1995.
No comments:
Post a Comment