A. Pengertian dan karakteristik kelompok
Pengertian Kelompok
Kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan
mereka saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan
tujuan bersama, meyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi
(Cartwright&Zander, 1968; Lewin, 1948).
Karakteristik Kelompok
1.
Terdiri
dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik secara verbal maupun non verbal.
2.
Anggota
kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui menjadi
anggota suatu kelompok
3.
Mempunyai
struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok secara
bersama dan berfungsi sebagai suatu unit.
4.
Anggota
kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
5.
Individu
yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta dapat membedakan
orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.
B. Tahapan
Pembentukan Kelompok
Tahap-tahap Pembentukan Kelompok
Model pembentukan suatu kelompok pertama kali
diajukan oleh Bruce Tackman (1965). Teori ini dikenal sebagai salah satu teori
pembentukan kelompok yang terbaik dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah
kosep ini dicetuskan.
Tahap 1 - Forming
Pada tahap ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota
kelompok cenderung untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik
namun mereka belum saling mengenal dan belum saling percaya.
Tahap 2 - Storming
Kelompok mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang
mereka hadapi. Mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka
selesaikan. Anggota kelompok saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan
perspektif mereka masing-masing. Pada beberapa kasus, tahap storming cepat
selesai. Namun ada pula yang mandenk pada tahap ini.
Tahap 3 - Norming
Terdapat kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok. Peranan dan
tanggung jawab telah jelas. Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama
lain seiring dengan mereka melihat kontribusi masing-masing anggota untuk kelompok.
Tahap 4 - Performing
Kelompok dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan
efektif tanpa ada konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota
kelompok saling bergantung satu sama lainnya dan mereka saling respect dalam
berkomunikasi.
Tahap 5 - Adjourning dan
Transforming
Tahap dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa
saja kembali pada tahap mana pun ketika mereka mengalami perubahan.
C. KEKUATAN
TEAMWORK
Sebuah perusahaan yang akan bisa bergerak maju
dengan luar biasa juga memerlukan teamwork yang baik antara bagian dan divisi
dalam perusahaannya tersebut. Kalau antar divisi masing – masing bekerja
sendiri – sendiri tanpa adanya kerja sama, maka visi perusahaan akan lebih
lambat tercapainya. Tetapi jika seluruh divisi bahu – membahu serta saling
support satu sama lain, maka perusahaan ini akan bergerak maju dengan lebih
cepat. Memang membangun sebuah teamwork yang solid itu tidaklah mudah. Ada
beberapa tips bagaimana membuat tim yang solid :
Pertama
: tentukan visi bersama yang mau dicapai.
Langkah pertama ini adalah langkah yang terpenting. Tanpa adanya penentuan
sasaran atau visi, ini akan membuat apa yang dikerjakan menjadi tidak terarah
bahkan akan menjadi salah sasaran.
KEDUA :
selalu ingatkan akan visi bersama yang mau dicapai.
Visi tidak hanya bisa dicapai dengan satu kali set lalu selesai. Survei
membuktikan, kalau visi secara terus – menerus diingatkan dalam waktu yang
berkala, pasti visi itu akan lebih mudah dicapai. Mengapa? Karena saat sudah
mulai bergeser tindakan yang mau diraih saat mengejar pencapaian visi tersebut,
dengan visi yang diingatkan kembali secara berkala akan membuat kita
mengarahkan kembali ke visi yang sudah ditentukan di awal.
KETIGA
: dukung untuk terjadinya kerjasama untuk pencapaian visi.
Sebagai superior / leader, teruslah memberikan dukungan terhadap tim untuk
saling bekerja sama mencapai visi. Ingatkan bahwa benefit yang akan dinikmati
juga akan dinikmati bersama kelak. Jika kita sendiri adalah pemain timnya, maka
dukunglah apa yang sudah ditentukan oleh leader kita, dukung juga rekan yang
lainnya untuk bisa saling membantu dalam proses pencapaian visi tersebut.
D. Implikasi
Manajerial
Untuk meningkatkan efektifitas teamwork dalam
sebuah perusahaan memerlukan teamwork yang baik antara bagian dan divisi dalam
perusahaannya tersebut,agar perusahaan dapat berkembang dan bergerak maju
dengan lebih cepat.
Sumber :
No comments:
Post a Comment