Sunday 25 October 2015

Peranan TIK dalam bidang kedokteran dan kesehatan

                Teknologi Informasi di bidang kedokteran dan kesehatan sangat berperan penting, komputer juga telah memperlihatkan peran yang sangat signifikan untuk menolong jiwa manusia, dan riset di bidang kedokteran. Komputer juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis penyakit bagian dalam tubuh yang sangat sulit dilihat.

                Teknologi Informasi berupa Sistem Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk menggambarkan struktur bagian otak dan mengambil seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem Dynamic Spatical Reconstructor (DSR) yang dapat digunakan untuk melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh.


                Saat ini ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui urutan basanya. Komputer DNA menggunakan untai nukleotida sebagai masukan data, dan molekul biologi aktif sebagai larutan data dapat menghasilkan sistem kendali logis dari proses-proses biologi.

No comments:

Post a Comment