1. Pengertian Perubahan Dan Pengembangan Organisasi
Perubahan Organisasi adalah perubahan dimulai pada satu titik, berlanjut melalui serangkaian tahap, dan
mencapai puncak dalam hasil yang diharapkan oleh mereka yang terlibat berupa
perbaikan dari titik awal. Perubahan memiliki permulaan, pertengahan dan
akhir.
Pengembangan Organisasi adalah suatu perspektif tentang perubahan sosial
yang direncanakan dan yang dibina. Pengembangan organisasi dapat dirumuskan
sebagai perencanaan, penataan dan bimbingan dari organisasi baru atau yang
disusun kembali :
a)
Mewujudkan
perubahan dalam nilai-nilai, teknologi fisik dan atau sosial
b)
Menetapkan,
mengembangkan dan melindungi hubungan-hubungan normatif dan pola-pola tindakan
yang baru, dan
c)
Memperoleh
dukungan dan kelengkapan dalam lingkungan tersebut.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan organisasi atau mempengaruhi
desain organisasi adalah faktor lingkungan eskternal dan internal organisasi.
2.
Langkah-langkah
Perubahan Organisasi
Langkah-langkah dalam mewujudkan perubahan organisasi terdiri dari :
1)
Menetapkan
kebutuhan untuk berubah (recognize the
need for change)
2) Mengembangkan tujuan-tujuan perubahan (develop the goals of the change)
3) Memilih agen-agen perubahan (select a change agent)
4) Mendiagnosis kondisi yang ada (diagnose the current climate)
5) Pemilihan metode implementasi (select an implementation method)
6) Mengembangkan rencana perubahan (develop a plan)
7) Implementasi rencana (implement the plan)
8) Mengikuti rencana dan melakukan evaluasi (follow the plan and evaluate it)
3.
Perencanaan
Strategi Pengembangan Organisasi
Perencanaan strategis adalah suatu rencana jangka
panjang yang bersifat menyeluruh, memberikan rumusan ke suatu
organisasi/perusahaan yang akan diarahkan, dan bagaimana sumberdaya
dialokasikan untuk mencapai tujuan selama jangka waktu tertentu dalam berbagai kemungkinan
keadaan lingkungan.
Hasil dari proses perencanaan strategi berupa
dokumen yang dinamakan strategic plan yang berisi informasi tentang
program-program beberapa tahun yang akan datang.
Manajer memerlukan jenis perencanaan khusus yang
disebut perencanaan strategis. Perencanaan strategis ini akan digunakan untuk
menentukan misi utama organisasi dan membagi-bagi sumber daya yang diperlukan
untuk mencapainya.
Ada 2 (dua) alasan yang menunjukkan pentingnya Perencanaan Strategis :
·
Memberikan
kerangka dasar dalam mana semua bentuk-bentuk perencanaan lainnya yang harus di
ambil.
·
Akan
mempermudah pemahaman bentuk-bentuk perencanaan lainnya.
Dengan adanya perencanaan strategis ini maka
konsepsi perusahaan menjadi jelas sehingga akan memudahkan dalam
memformulasikan sasaran serta rencana-rencana lain dan dapat mengarahkan
sumber-sumber organisasi secara efektif.
Tiap penerapan perlu merancang variasinya sendiri
sesuai kebutuhan,situasi dan kondisi setempat. Meskipun demikian, secara umum
proses perencanaan strategis memuat unsur-unsur:
·
perumusan
visi dan misi,
·
pengkajian
lingkungan eksternal,
·
pengkajian
lingkungan internal,
·
perumusan
isu-isu strategis,
·
penyusunan
strategi pengembangan (yang dapat ditambah dengan tujuan dan sasaran).
4.
Implikasi
Manajerial
Sebab yang terjadi karena adanya perubahan dan
pengembangan organisasi adalah sebuah organisasi tersebut akan mengalami
peningkatan baik dalam kinerja maupun hal lainnya, organisasi tersebut juga
tidak akan diam/stuck di dalam suatu posisi melainkan terus berkembang semakin
hari.
Sumber :
No comments:
Post a Comment