Sunday 4 October 2015

Manfaat dan Dampak Negatif Kecerdasan Buatan

MANFAAT KECERDASAN BUATAN

Pengertian kecerdasan buatan yaitu suatu studi khusus di mana tujuannya adalah membuat komputer berpikir dan bertindak seperti manusia.

Contoh bidang lain pengembangan kecerdasan buatan adalah sistem pakar yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian manusia. Tujuan dari pengembangan sistem pakar sebenarnya bukan untuk menggantikan peran manusia, tetapi untuk mensubstitusikan pengetahuan manusia ke dalam bentuk sistem, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.

Manfaat kecerdasan buatan yang diimplementasikan dalam pengembangan sistem pakar adalah :

1.      Memberikan penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang.
2.      Masyarakat awam non-pakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa kehadiran langsung seorang pakar.
3.      Meningkatkan produktivitas kerja, yaitu bertambah efisiensi pekerjaan tertentu serta hasil solusi kerja.
4.      Penghematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.
5.      Memungkinkan penggabungan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan.
6.      Pengetahuan dari seorang pakar dapat didokumentasikan tanpa ada batas waktu.

DAMPAK NEGATIF KECERDASAN BUATAN

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi itu sendiri akan terus berjalan seiring dengan kemajuan pada ilmu pengetahuan. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Untuk dalam bidang teknologi sendiri, masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam beberapa dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif dan di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal-hal negatif.

            Memang teknologi banyak menolong kita, tapi teknologi pun mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi suatu bencana yang sangat membahayakan dalam kehidupan kita sendiri. Semakin kuat, canggih dan menyebarnya teknologi itu maka potensi bahaya yang ditimbulkan pun semakin besar.

            Mungkin kecerdasan buatan dapat mengatasi semua masalah, tetapi meskipun kecerdasan buatan dapat mengatasi adanya permasalahan yang sebenarnya terjadi, kecerdasan buatan pun dapat menjadi boomerang yang sewaktu-waktu dapat menyerang balik si pembuat atau pengguna yang dapaknya juga akan menyebar ke masyarakat luas.

Teknologi kecerdasan buatan memang membantu dan meringankan pekerjaan manusia, tapi kembali pada dampak negatif yang juga timbul secara tidak langsung. Terlalu “mendewakan” teknologi pun sebenarnya tidak baik untuk kita sendiri maupun masyarakat sekitar, karena secara tidak langsung pula kita telah dibodohi dan membodohi diri kita sendiri oleh teknologi itu. Tanpa kita sadari teknologi pun telah menjadi virus yang “menggrogoti” pikiran manusia. Padahal teknologi itu tercipta karena akal pikiran manusia yang ingin menciptakan sesuatu dengan menggunakan kecerdasan buatan bukan kecerdasan alamiah yang nantinya diharapkan teknologi itu bisa membantu dan meringankan pekerjaan manusia. Maka dan dari pada itu, sebaiknya manusia dapat bersikap bijak untuk yang namanya teknologi agar manusia tidak dibodohi dan membodohi dirinya sendiri akibat teknologi.



No comments:

Post a Comment